Manfaat Baking Soda

Manfaat Baking Soda
Baking soda (soda kue) merupakan sebutan lain dari senyawa Natrium bikarbonat yaitu senyawa kimia dengan rumus NaHCO3. Senyawa ini merupakan kristal yang sering terdapat dalam bentuk serbuk. Natrium bikarbonat larut dalam air.

Baking soda biasa digunakan dalam roti atau kue karena beraksi dengan bahan lain membentuk gas karbondioksida yang menyebabkan roti "mengembang". Selain digunakan untuk membuat kue atau roti, ternyata baking soda juga mempunyai manfaat lain, di antaranya adalah sebagai berikut.

Pembersih yang Aman

Baking soda berguna sebagai pembersih yang aman tanpa meninggalkan bekas goresan. Cara penggunaannya adalah taburkan baking soda di permukaan porselen, plastik, dan stainless steel. Kemudian basuh dengan lap basah. Setelah itu baru dibilas.

Pembersih Buah-buahan

Seringkali kita mendapati buah-buahan yang dilapisi oleh lilin dan pestisida. Nah, untuk membersihkannya kita bisa menggunakan baking soda. Caranya yaitu dengan menaburkan baking soda pada buah-buahan, lalu mengelapnya dengan lap bersih yang basah.

Pembersih Tangan

Apakah Anda pernah kesulitan membersihkan noda cat atau oli yang mengotori tangan? Anda dapat mencoba membersihkan noda ini dengan menggunakan baking soda. Caranya adalah buat campuran air dan baking soda dengan perbandingan 3:1. Bau ikan dan bawang putih yang melekat di tangan juga dapat dihilangkan dengan baking soda ini.

Membersihkan Gigi

Jika kehabisan pasta gigi, Anda dapat menaruh sedikit baking soda di atas sikat gigi yang sudah dibasahi dengan air. Baking soda ini dapat menghilangkan noda dan sisa makanan. Selain itu, nafas pun akan terasa segar.

Pemadam Api

Selain digunakan untuk pembersih, baking soda dapat pula untuk memadamkan api karena lebih efektif dibanding air.

Post a Comment

0 Comments