Siapa Peminum Kopi Pertama di Dunia?

Suka minum kopi Sob? Kalau saya sih nggak biasa minum kopi. Tapi, kalau bertamu di rumah seseorang terus disuguhi kopi, ya saya minum. Kalau di ramah sih, yang biasa minum kopi adalah orangtua saya.

Berbicara mengenai kopi, Sobat tau nggak siapa peminum kopi pertama di dunia? Memang hingga saat ini, negeri asal tanaman kopi dan asal-muasal penggunaan tanaman kopi belum diketahui dengan pasti.

Beberapa ahli berpendapat bahwa semua jenis kopi yang memiliki arti ekonomi berasal dari daerah hutan tropis Afrika. Hingga akhir abad XIX, banyak yang beranggapan bahwa kopi Arabika berasal dari Abessinia (Ethiopia), kemudian menyebar ke Arab (Yaman) pada Abad XV.

Tetapi, penduduk asli Uganda dan Abessinia dahulu juga biasa mengunyah biji kopi kering dan daunnya sebagai penyegar saat ditemui pertama kali oleh orang-orang Eropa. Begitu juga dalam melakukan perjalanan jauh, penduduk asli Afrika ini selalu membawa bekal untuk  membuat kopi yang telah ditumbuk dan disangan (ground roasted coffee). Kemudian, dicampur dengan minyak atau lemak yang dibentuk bola-bola kecil untuk dimakan dalam perjalanan atau dalam upacara-upacara adat dan keagamaan mereka.

Pada waktu tersebut, belum dikenal tata cara minum kopi seperti sekarang ini. Kapan kebiasaan orang minum kopi seperti sekarang, belum diketahui dengan pasti. Diduga, kebiasaan minum kopi berasal dari Arab pada abad XV dan XVI, yang lalu menyebar ke Mekkah, Madinah, daerah Timur Tengah dan lainnya hingga ke negara-negara Eropa.

Yaman dan Mekkah merupakan pusat perdagangan dan penanaman kopi Arabika pada saat itu. Sedangkan di Indonesia (Jawa), orang mengenal minum kopi sejak tahun 1616, yang dibawa oleh Admiral Pieter Van den Broeke (Belanda) yang mendapat tugas untuk berdagang dengan bangsa Arab di Laut Merah.

Post a Comment

0 Comments