6 Manfaat Makanan Pedas

6 Manfaat Makanan Pedas
Selera orang terhadap rasa makanan itu bermacam-macam. Ada yang suka dengan makanan pedas, ada juga yang tidak suka. Mungkin tidak menyukainya karena alasan kesehatan. Bagi pecinta makanan pedas, mungkin berlaku istilah tak ada sambal tak lengkap rasanya.

Makanan pedas memang merupakan makanan yang unik. Menusuk lidah dengan sensasi panasnya, tetapi banyak orang tetap menyukai rasanya. Ternyata, setelah membaca koran Warta Kota seminggu yang lalu, saya baru mengetahui kalau makanan serba pedas itu ada juga manfaatnya bagi kesehatan.

Ingin tahu apa sajakah manfaat makanan pedas tersebut? Nah, kalau begitu simak 6 manfaat makanan pedas berikut ini.

1. Mencegah Kanker

Menurut American Association for Cancer Research, capsaicin mempunyai kemampuan untuk membunuh sel kanker dan leukemik.

2. Menurunkan Berat Badan

Makanan pedas bisa meningkatkan metabolisme yang berdampak pada penurunan berat badan.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Vitamin A dan C bisa memperkuat dinding otot jantung dan panas dari lada akan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Dengan demikian, mengonsumsi makanan yang mengandung lada secara keseluruhan bisa memperbaiki sistem kardiovaskuler.

4. Mencegah Parkinson

Sebuah penelitian yang dipublikasi dalan jurnal Annals of Neurology menemukan bahwa dengan mengonsumsi lada dua kali seminggu bisa membantu mengurangi risiko mengembangkan penyakit Parkinson hingga lebih dari sepertiganya.

5. Menyehatkan Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang terbiasa memakan makanan pedas mempunyai jumlah insiden serangan jantung dan stroke yang lebih kecil. Cabai bisa mengurangi efek merusak dari kolesterol "jahat" atau low density lipoprotein dan capsaisin mempunyai efek antiinflamasi. Inflamasi merupakan faktor risiko dari penyakit jantung.

6. Memperbaiki Mood

Makanan pedas bisa meningkatkan produksi hormon yang membuat perasaan menjadi bahagia, seperti serotonin. Oleh karena itu, makanan pedas bisa membantu meringankan depresi dan stres.

Nah, gimana Sob? Sekarang udah tahu kan kalau makanan pedas itu ada juga gunanya bagi tubuh.

Post a Comment

0 Comments