Tips Agar Makanan Tahan Lama di Lemari Es

Biasanya, ibu rumah tangga menyimpan sisa makanan dan sayuran yang tidak habis dimasak ke dalam lemari es. Tujuannya agar nanti bisa digunakan lagi bila dibutuhkan. Namun, pada akhirnya buah dan sayuran yang disimpan tersebut membusuk di dalam lemari es.

Bahan makanan memang tetap akan rusak dan membusuk meski sudah disimpan di dalam lemari es. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena kelembaban suhu lemari es justru akan membantu pertumbuhan jamur dan bakteri pada bahan makanan.

Buah atau sayuran yang busuk dapat merusak bahan makanan lain yang ada di dalam lemari es. Nah, agar bahan makanan dapat disimpan lebih lama, simak beberapa tips berikut ini.

1. Simpan dalam Wadah Kedap udara

Jenis kacang-kacangan dan bahan makanan kering lainnya disimpan dalam wadah kedap udara dan letakkan dalam suhu kamar. Dengan wadah kedap udara, kelembaban akan berkurang sehingga mencegah pembusukan. Jemur bahan kering ini dua bulan sekali untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri bila ingin menyimpannya dalam waktu lama.

2. Bekukan Buah-buahan

Simpan buah-buahn yang mudah busuk seperti anggur, ceri, atau stroberi ke dalam plastik yang dapat direkatkan (zip lock bag), setelah itu masukkan ke dalam freezer untuk dibekukan. Buah beku ini akan tahan selama empat hingga enam bulan.

3. Gunakan Aluminium Foil

Buah-bahan yang lunak tetapi berkulit seperti pisang, dibungkus dengan menggunakan aluminium foil untuk menghindarkan dari gejala bintik hitam dan keriput.

4. Jaga Kebersihan Lemari Es

Bersihkan lemari es dengan menggunakan antibakteri seminggu sekali. Setiap tiga bulan, lemari es harus dibersihkan secara keseluruhan. Lemari es yang terjaga kebersihannya akan membantu meningkatkan umur simpannya.

Nah, bagaimana Sob? Nggak sulit bukan untuk melakukan tips-tips di atas? Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Post a Comment

0 Comments