Cara Menghindari Tumisan Lengket di Wajan

Cara Menghindari Tumisan Lengket di Wajan
Salah satu masalah yang sering ditemui ketika memasak adalah tumisan yang lengket di wajan. Bila hal ini terjadi, maka masakan akan mudah gosong serta rasa makanan menjadi pahit. Di samping itu, kerak sisa makanan yang menempel ini sangat sulit untuk dibersihkan sehingga mencuci wajan menjadi susah.

Masakan yang lengket di wajan mungkin disebabkan oleh kurangnya minyak pada tumisan. Solusinya adalah dengan menambahkan minyak ke wajan. Tetapi, jangan menambahkan langsung minyak goreng ke atas sayuran tumis. Cara yang satu ini akan membuat masakan menjadi sangat berminyak serta tidak sehat.

Sebaiknya gunakan spatula untuk mengaduk tumisan. Lalu, dorong ke salah satu sisi wajan. Selanjutnya, miringkan wajan ke bagian yang kosong supaya sisi ini lebih panas. Tambahkan minyak di bagian ini (1 - 2 sdm), dan biarkan minyak ini panas.

Sesudah itu, geser kembali tumisan ke minyak panas tersebut. Minyak panas ini akan membuat tumisan tidak lagi lengket ke wajan, walaupun tidak menggunakan penggorengan antilengket.

(Koran Warta Kota, 30 Juni 2013)

Post a Comment

0 Comments