Bento, Tradisi Bekal Orang Jepang

gambargratis.com/resmisubeno
Sumber gambar: gambargratis.com/resmisubeno

Bento dapat diartikan sebagai makanan bekal berupa nasi beserta lauk-pauk yang dikemas dalam kemasan praktis yang bisa dibawa dan dimakan di tempat lain. Bento ini mulai dikenal pada tahun 1568 - 1600 dan terus berkembang hingga sekarang.

Kreativitas para pembuat bento semakin hari semakin berkembang. Saat bento dipolitisasi sebagai ajang pamer siswa berada, tradisi membawa bento ke sekolah sempat terhenti. Hal ini membuat sekolah menyediakan menu makan siang bagi para siswanya.

Seiring dengan perkembangan industri packaging, menjamurnya kafe dan kegemaran ibu-ibu di Jepang menyediakan menu bekal untuk anggota keluarganya yang bersekolah atau bekerja, kreasi membuat bento mulai bergairah kembali.

Kegemaran orang Jepang membawa bento dan banyaknya resto bento melahirkan inspirasi bisnis bagi pengusaha Indonesia dengan menjual nama bento sebagai nama resto siap saji. Varian menu bento dijual dengan bumbu yang lebih tajam dari menu aslinya dan dilengkapi dengan sambal bercitarasa manis pedas sesuai citarasa orang Indonesia.

Menu yang ditawarkan di antaranya adalah tumisan yakiniku, teriyaki, burak kupeppa yang berisi daging sapi atau ayam. Ada juga variasi gorengan dengan varian menu seperti katsu, ekkado, eby furai, shrimp roll,dan egg chicken. Salad dan sup yang disajikan dengan minuman dingin, teh Jepang atau ocha, sebagai pelengkapnya.

Post a Comment

0 Comments