Tips Memilih Buah untuk Penghias Dessert

Tips Memilih Buah untuk Penghias Dessert
Ada beragam jenis garnis yang dapat digunakan untuk mempercantik penampilan dessert atau hidangan penutup. Salah satu garnis yang digunakan untuk membuat dessert tampil menarik adalah irisan buah segar. 

Garnis buah dapat memberikan paduan rasa yang lezat dan menyempurnakan nutrisi yang terkandung dalam dessert.

Berikut beberapa jenis buah-buahan yang bisa digunakan sebagai padanan tepat untuk dessert.

1. Buah Cape Goosebarry

Buah ini mempunyai tekstur yang cukup kenyal dan mengandung air. Daging buah ini berwarna kuning terang, berbentuk bundar, dan terbungkus oleh daun berwarna kuning kecokelatan. Anda bisa membuka daun dan menariknya ke bawah sehingga membentuk kelopak saat hendak menggunakan buah ini.

Pilih buah dengan kelopak yang kering dan ringan. Buah yang satu ini akan terlihat cantik bila digunakan sebagai hiasan pada mousse, puding, dan cake.

Untuk membuatnya sebagai garnis pada dessert, Anda dapat menyelupkan buah ini ke dalam larutan gelatin untuk memberikan efek kilap pada buah. Selain itu, Anda dapat pula menyelupkan setengah bagian buah ke dalam cokelat tim atau melapis biah dengan gula pasir halus.

2. Buah Belimbing

Belimbing Manis
ellis / www.gambargratis.com

Buah yang gampang diperoleh di Indonesia ini mempunyai beragam varian. Misalnya saja, belimbing dewa dan belimbing dewi. Buah yang satu ini bila diiris akan membentuk bintang yang memunculkan kesan eksotis.
Belimbing dipakai untuk menghias bagian bibir gelas yang digunakan sebagai wadah dessert seperti mousse, tarlet, atau puding. Pilih belimbing yang berukuran sedang dengan warna hijau atau kuning terang yang merata.

3. Buah Kiwi

Buah Kiwi Gold
etiumj / downloadgratisgambar.com

Buah kiwi memiliki pola yang unik pada bagian dalam daing buahnya. Buah ini mempunyai varian warna yang beragam, di antaranya adalah merah, kuning, dan hijau. Kandungan vitamin C-nya lebih banyak dua kali dari buah jeruk. Rasa buah kiwi yang lezat dan tajam dapat menetralisir rasa manis dari gula, krim, atau cokelat.

Pilih buah kiwi dengan tingkat kematangan sedang dengan cara menekan daging buah. Pilihan yang tepat adalah buah yang tidak keras atau lunak. Buah kiwi bisa dipakai sebagai penghias puding, tarlet, dan cake.

Untuk menjadikannya sebagai garnis dessert, Anda dapat memotongnya menjadi beberapa bentuk khas seperti potong bundar tipis yang lalu disusun menyerupai kelopak bunga, atau potong setengah lingkaran yang dipakai untuk membentuk sayap kupu-kupu. Untuk potongan yang sederhana, Anda dapat membentuk potongan dadu dan menyusunnya di atas dessert.

Post a Comment

0 Comments