4 Cara Menyimpan Daging Supaya Awet

Daging yang Disimpan di Freezer Lemari Es
Anda mempunyai banyak daging kambing atau sapi dan bingung bagaimana cara menyimpannya supaya tetap awet? Cara penyimpanan merupakan hal paling penting yang harus kita lakukan untuk membuat daging tetap awet.

Nah, berikut ini ada 4 cara yang bisa Anda lakukan di rumah guna menyimpan daging agar awet.

1. Simpan di Freezer Lemari Es

Manfaatkanlah kotak feeezer yang ada di bagian atas lemari es. Daging yang disimpan di freezer mempunyai sifat beku dan keras. Daging yang disimpan di freezer ini mampu bertahan sampai 3 bulan.

2. Simpan dalam Chiller

Cara lain yang dapat dilakukan adalah menyimpan daging dalam chiller yang ada di kulkas. Biasanya, chiller ini terletak di bagian bawah lemari es dan di atas susunan kotak sayur. Kesegaran daging yang disimpan pada kotak chiller ini dapat bertahan hingga 3 hari.

3. Dibuat Dendeng

Tips lain untuk menyimpan daging agar awet adalah dengan membuatnya menjadi dendeng. Untuk membuat dendeng, daging sapi dapat diiris tipis, kemudian diremas-remas dengan bumbu berupa kunyit, jahe, asam, ketumbar, dan garam. Selanjutnya, kita dapat menjemur irisan daging yang telah dilumuri bumbu tersebut di bawah panas sinar matahari. Proses pemanasan matahari ini perlu berhari-hari agar daging benar-benar kering. Bila proses penjemuran dendeng kurang sempurna, maka kerap ditumbuhi belatung.

4. Dibikin Rendang

Cara lainnya adalah dengan memasak daging menjadi rendang, kemudian disimpan dalam wadah tertutup yang kedap udara. Nah, wadah tersebut lalu diletakkan di freezer agar lebih awet. Daging rendang dipanaskan ketika akan disantap.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyimpan daging sapi atau kambing ini. Di antaranya adalah kebersihan daging itu sendiri, kebersihan freezer atau chiller, besar-kecilnya ukuran potongan daging dan proses penyimpanan yang benar.

Hal lain yang juga penting untuk diperhatikan adalah upayakan supaya daging mulai masuk proses penyimpanan sebelum 6 jam terhitung hewan dipotong. Pasalnya, bila lebih dari 6 jam, umumnya proses pembusukan sudah mulai terjadi.

Post a Comment

0 Comments