Pembuat dan Penjual Dodol Betawi

Dodol Betawi
Sumber gambar: dodolcondet.blogspot.com

Banyak kuliner yang berkembang di Indonesia tercipta dari sebuah makna. Hal inilah yang menjadi nilai keunikan tersendiri. Makna tersebut mengandung pengharapan dan doa.

Di samping itu, banyak kuliner di Indonesia yang keberadaannya menjadi bukti adanya nilai gotong royong yang sangat hangat di antara masyarakat. Salah satu kuliner yang mencerminkan sifat itu adalah dodol Betawi.

Dodol terbuat dari bahan-bahan yang bagus sehingga membuat kuliner yang satu ini menjadi legit dan tahan lama. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat dodol Betawi di antaranya adalah ketan, gula merah, gula pasir, dan santan kelapa tua.

Rasa dari dodol Betawi ini adalah begitu legit dan lezat. Dodol Betawi juga terasa lembek dan lengket ketika dimakan. Hal ini tidak jauh berbeda dengan dodol-dodol yang lainnya.

Sekarang ini ada beberapa rasa yang dicampurkan supaya rasanya tidak monoton. Misalnya saja, ada dodol durian, dodol nangka cipedak, dodol lapis, dodol ketan, dan dodol kole. Dodol kole ini adalah dodol muda atau dodol setengah matang dengan rasa yang manis bercampur rasa gurih.

Pada proses pembuatan dodol ini ternyata menyiratkan makna sosial. Proses pembuatan dodol begitu susah sehingga diperlukan semangat gotong royong, keriangan, dan semangat persaudaraan. Masyarakat Betawi menganggap pembuatan dodol ini sebagai kerja tim dan mempunyai tujuan untuk mempererat tali persaudaraan.

Warga Betawi menggunakan prinsip kerja yang disebut sambatan atau prinsip saling membantu. Tujuannya adalah supaya dodol dapat tercipta dengan benar.

Nah, berikut ini adalah beberapa pembuat dan penjual dodol Betawi:

Dodol Betawi Bu Mamas
Jalan Batu Ampar I No. 42 RT 013/04, Condet, Kramat Jati, Jakarta Timur, Telepon (021) 80881977.

Dodol Betawi Umi
Jalan Kebagusan Gang Langgar III Nomor 19a, Jakarta Selatan, Telepon (021) 7875208.

Post a Comment

0 Comments