Cara Tepat Membekukan Makanan

Cara Tepat Membekukan Makanan
Biasanya kita melakukan pembekuan bahan makanan supaya masa simpannya dapat bertahan lebih lama. Setiap makanan mempunyai cara pembekuan yang berbeda-beda agar ketika dipakai nanti kesegarannya masih terjaga dengan baik.

Sebaiknya Sobat merencanakan dengan cermat sebelum melakukan pembekuan. Hal ini mengingat ruang pembeku yang terbatas di dalam kulkas. Nah, berikut ini adalah cara tepat untuk membekukan makanan (buah, daging, ikan, dan sayuran).

BUAH
Cucilah buah sampai kondisinya bersih dan tiriskan. Lalu, kupas dan potong-potong sesuai dengan kebutuhan Sobat. Setelah itu, bekukan dalam wadah plstik atau kantong plastik khusus secukupnya saja.

DAGING
Cuci, potong-potong atau buang tulangnya, lalu masukkan ke dalam kantung plastik atau wadah yang tertutup dalam jumlah sekali masak. Keluarkan udara sebanyak mungkin dari dalam kantung plastik dan buat simpul ikatan sedekat mungkin dengan permukaan daging.

IKAN
Cuci dan potong-potong ikan sejumlah yang diperlukan, kemudian bungkus dengan kertas roti, aluminium foil atau lembaran plastik sebanyak dua lapis, rekatkan dengan rapat, selanjutnya bekukan dengan segera.

SAYURAN
Sebaiknya sayuran yang akan dibekukan direbus terlebih dahulu selama 3 - 4 menit. Tujuannya untuk menghentikan proses pemasakan pada sayur. Sesudah direbus sebentar dan didinginkan, letakkan pada wadah plastik berlabel tanggal dan masukkan ke freezer.

Hal yang perlu diperhatikan adalah memberikan label pada makanan yang dibekukan. Tuliskan tanggal penyimpanannya. Selain itu, pakai bahan makanan yang telah lebih lama disimpan lebih dahulu.

Jangan lupa untuk tidak memasukkan makanan yang masih dalam keadaan panas. Untuk mempertahankan temperatur, jangan membuka-menutup pintu freezer terlalu sering.

Post a Comment

0 Comments