Makanan dan Minuman Palsu yang Mengancam Kesehatan

Makanan dan Minuman Palsu yang Mengancam Kesehatan
Lingkungan kita saat ini tidak terbebas dari yang namanya produk makanan dan minuman berbahaya. Selain isu beras palsu yang sempat merebak belakangan ini, sebelumnya juga banyak ditemukan kasus produk makanan dan minuman 'aspal' alias asli tapi palsu di Indonesia. Nah, berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman palsu yang mengancam kesehatan atau kehidupan kita.

Air Zamzam Palsu

Kasus air zamzam palsu tengah heboh di Indonesia. Penyidik Polres Jakarta Pusat menggerebek dua pabrik penghasil air zamzam palsu belum lama ini, yaitu di Kramat Jati, Jakarta Timur, dan Srengseng, Jakarta Barat.

Madu Palsu

Sebanyak 80% madu yang beredar di pasaran ternyata merupakan madu oplosan alias palsu. Bahan campuran yang digunakan untuk membuat madu banyak memakai bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Madu palsu cuma mempunyai kadar madu sebanyak 10% - 20% saja, sisanya adalah campuran bahan kimia berupa sitrun, gula biang, pengental, pewangi esence, dan putih telur.

Saus Palsu

Pada bulan Januari 2015 yang lalu, Polrestabes Bandung berhasil menggeledah pabrik saus dan sambal yang telah beroperasi selama 14 tahun di Jalan Cicukang nomor 6, Kelurahan Caringin, Kecamatan Bandung Kulon. Saus dan sambal yang diproduksi di pabrik tersebut tidak menggunakan cabai atau tomat sama sekali. Namun, memakai esensi rasa tomat dan cairan kimia ekstrak cabai.

Ikan Segar Palsu

Ikan busuk dapat disulap menjadi layaknya ikan segar dengan sentuhan di sana-sini. Nah, untuk menjualnya, ikan yang sudah beraroma tidak sedap ini biasanya disejajarkan dengan ikan segar lainnya. Cara lainnya adalah dengan menyuntikkan daging ikan lainnya ke dalam ikan busuk. Pelaku memakai pewarna tekstil untuk membuat ikan nampak segar.

Minyak Zaitun Palsu

Polisi juga menemukan aksi kejahatan pemalsuan pada produk minyak zaitun bersamaan dengan kasus pemalsuan air zam-zam. Minyak zaitun merek Le Riche sudah dipalsukan dengan menggunakan minyak goreng.

Telur Palsu

Telur palsu ini berbahaya sekali untuk dikonsumsi sebab tidak mengandung nutrisi apapun dan cuma sejumlah zat kimia seperti tawas yang bisa mengakibatkan penyakit serius.

Buah Duku Palsu

Memang yang namanya buah duku itu cukup mirip dengan buah Langsat. Namun, buah Langsat mempunyai rasa yang asam-asam manis. Ketika musim duku datang, Sobat mungkin mesti  lebih cermat dalam membeli buah yang satu ini. Ada beberapa pedagang nakal yang mengoplos buah Duku ini dengan saudaranya, yakni buah Langsat.

Minuman Kemasan Palsu

Air kemasan palsu ini diisi dengan air dari sungai, sumur bahkan  memakai air got yang dijernihkan dengan memakai tawas dan borak. Tentu saja air-air ini tidal melewati tahap sterilisasi  dan kandungan kimia di dalamnya amat membahayakan konsumen. Terlebih lagi dengan bahaya botol yang bila digunakan berulang-ulang akan mengakibatkan lapisan  polimernya meleleh dan terserap tubuh manusia. Polimer bersifat karsinogenik sehingga dapat mengakibatkan kanker.

Post a Comment

0 Comments