Tips Makan Sahur Supaya Tidak Lemas

Tips Makan Sahur Supaya Tidak Lemas
Cadangan yang dipunyai oleh tubuh jumlahnya cuma sedikit saat kita sedang menjalani puasa. Namun, faktanya kita harus melakukan aktivitas seperti hari biasanya. Nah, kita perlu memperhatikan makanan yang tepat ketika sahur agar badan tetap merasa segar sepanjang hari sehingga kita bisa melakukan rutinitas tanpa diserang rasa lemas dan dehidrasi.

Berikut ini adalah beberapa tips makan sahur supaya tidak lemas dalam menjalankan ibadah puasa.

Makan dengan Porsi Normal
Ketika sahur, makanlah dengan porsi yang normal seperti biasanya. Jika makan sahur dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya, maka dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih cepat mengalami yang namanya dehidrasi. Sedangkan bila makan dengan porsi yang terlampau sedikit, maka hal ini juga tidak bagi tubuh kita.

Mengonsumsi Makanan dengan Karbohidrat Kompleks
Tubuh mencerna karbohidrat kompleks dalam jangka waktu yang lama. Dengan demikian akan menghasilkan cadangan energi yang lama dan memperlambat sistem pencernaan. Kondisi ini membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, karbohidrat kompleks bisa pula mencegah dehidrasi sebab fungsinya yang sanggup untuk membantu tubuh menyerap air dengan lebih efisien. Beberapa contoh makanan yang termasuk ke dalam makanan karbohidrat kompleks di antaranya adalah nasi merah, gandum utuh, roti gandum, buah, dan biji-bijian.

Makan Makanan yang Mengandung Cairan
Tubuh kita memerlukan sekali cairan selama melakukan puasa di bulan Ramadhan ini. Cairan ini bisa kita dapatkan bukan hanya dari meminum air putih, namun dapat pula dari makanan yang mengandung kuah. Beberapa sumber cairan yang berguna bagi tubuh di antaranya adalah sayur berkuah, air mineral, dan segelas jus.

Makan Secara Perlahan-lahan
Bila kita mengunyah makanan dengan terlalu cepat, maka akan mengganggu kadar gula dalam darah sehingga perut akan menjadi cepat lapar beberapa jam sesudah makan sahur.

Cukup Minum Air Putih
Air putih adalah lebih baik jika dibandingkan dengan teh manis atau minuman manis lainnya. Teh dan gula cepat menghasilkan energi, tetapi energi yang dihasilkan dari gula pasir lebih cepat pula menghilang sehingga badan bisa menjadi lemas dengan mudah. Hindari minum teh dan kopi secara berlebihan sebab dapat menyebabkan tubuh menjadi kekurangan cairan.

Post a Comment

0 Comments