Makanan Pencegah dan Pengusir Flu

Makanan Pencegah dan Pengusir Flu
Daya tahan tubuh dapat menjadi lemah akibat dari cuaca yang ekstrim dan musim yang tidak menentu. Kalau tubuh sudah mengalami hal seperti ini, maka penyakit flu akan mudah datang menyerang.

Nah, kunci utama supaya terhindar dari penyakit flu adalah dengan menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dan optimal. Namun, jika penyakit ini telah terlanjur menyerang Anda, maka tidak ada salahnya Anda mengonsumsi makanan atau minuman seperti di bawah ini untuk mengusirnya.

Bawang Putih

Bawang putih mengandung belerang yang bermanfaat untuk menjaga darah tetap sehat dan mampu melawan bakteri serta menyingkirkan virus. Di dalam hal menghalau batuk, pilek dan flu, maka bawang putih memiliki peran sebagai pelindung pada sistem pernapasan. Selain itu, bawang putih juga membantu untuk mengurangi pembentukan lendir.

Bawang Bombay

Kandungan fitonutrien yang terdapat pada bawang bombay berperan sebagai antibiotik alami. Hidangan bawang bombay dalam bentuk salad atau sup akan memberikan manfaat yang optimal.

Jahe

Dampak jahe yang bersifat ekspektoran dan dekongestan, sanggup mengeluarkan dahak dan meredakan hidung mampet. Cara mudah dan yang sudah biasa untuk dilakukan adalah dengan membuat minuman jahe.

Madu

Madu mempunyai komponen antiperadangan sehingga dapat mengatasi sakit tenggorokan. Kombinasi antara jeruk lemon dan madu juga bermanfaat dan efektif dalam mengatasi batuk. Di samping itu, madu juga dipercaya mengandung antioksidan, antibakteri, dan antivirus yang menjadikannya sebagai penghancur gejala flu yang efektif. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan 2 sendok makan madu pada secangkir air biasa atau teh hangat, lalu tambahkan perasan jeruk lemon atau nipis untuk menambah khasiat vitamin C.

Post a Comment

0 Comments