Cara Menghindari Percikan Minyak Ketika Menggoreng

Cara Menghindari Percikan Minyak Ketika Menggoreng
Menggoreng merupakan salah satu teknik mengolah makanan yang kerap digunakan. Tetapi, minyak panas acap kali memercik ketika kita menggoreng sehingga membahayakan. Pasalnya, percikan minyak panas tersebut bisa saja mengakibatkan luka pada tubuh kita. Nah, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari percikan minyak ketika menggoreng. Berikut beberapa tips supaya minyak tidak memercik saat kita menggoreng.

Memasukkan Potongan Jahe

Masukkan dua atau tiga iris jahe ke dalam penggorengan yang sudah berisi minyak sebelum kita menggoreng. Secara perlahan, minyak akan berhenti memercik dan memberikan aroma yang sedap untuk masakan kita.

Menggunakan Jeruk Nipis

Masukkan satu irisan jeruk nipis pada minyak yang telah panas. Sesudah itu, baru masukkan bahan yang hendak digoreng. Dengan metode ini, minyak goreng tidak akan muncrat.

Menaburkan Tepung Beras

Sebelum menggoreng, taburkan sedikit tepung beras ke dalam minyak panas. Setelah itu, baru masukkan bahan makanan yang akan digoreng. Hal ini akan menyebabkan minyak tidak memercik lagi walaupun kita sedang menggoreng ikan.

Mengurangi Kadar Air

Biasanya, minyak langsung memercik begitu bahan makanan yang basah dan mengandung air masuk ke dalam minyak. Oleh sebab itu, sebaiknya bahan makanan yang sudah direndam di dalam air atau bumbu rendaman ditiriskan terlebih dahulu guna mengurangi percikan ketika masuk ke dalam minyak yang panas.

Post a Comment

0 Comments