Cara Mencegah Dehidrasi

Cara Mencegah Dehidrasi
Tubuh manusia memang terdiri dari unsur air sebanyak 75%. Tetapi, karena kegiatan yang sangat padat dan cuaca yang ekstrim, tubuh kita bisa mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi dengan gampang. Dehidrasi ini bisa menyebabkan tubuh menjadi lesu, letih, dan tidak bersemangat.

Salah satu cara manjur yang bisa dilakukan untuk mencegah dehidrasi adalah dengan mengosumsi setidaknya 8 gelas air putih dalam sehari. Namun, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menyiasati bila kita enggan untuk mengonsumsi air putih tersebut. Untuk lebih jelasnya, silakan simak informasi beberapa cara untuk mencegah dehidrasi berikut ini.

1. Jauhi Minuman yang Mengandung Kafein
Seperti diketahui, kafein bisa melenyapkan kelembapan yang terdapat pada tubuh. Bila kita memerlukan minuman yang hangat, kita dapat memilih teh herbal seperti teh hijau. Di dalam teh hijau ini mengandung antioksidan yang bisa membantu untuk membersihkan tubuh dari racun. Selain itu, antioksidan ini juga bersifat menenangkan.

2. Minum Jus Tomat dengan Rajin
Salah satu buah yang mempunyai kadar air yang tinggi adalah tomat. Mengonsumsi jus tomat dengan rajin akan membuat tubuh memperoleh asupan buah serta tambahan cairan.

3. Minum Air Putih dengan Tambahan Lemon atau Jeruk Nipis
Cobalah untuk menambahkan lemon atau jeruk nipis (atau keduanya) ke dalam segelas air kalau Anda merasa bahwa meminum air mineral itu sudah menjenuhkan. Buah ini akan memberikan rasa pada air yang diminum, namun tidak menambah gula atau zat lainnya.

4. Banyak Makan Buah dengan Kandungan Air Tinggi
Buah dengan kandungan air tinggi yang bisa dipilih adalah semangka. Buah yang satu ini mengandung air sebanyak 90% dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin A dan vitamin C.

5. Minum Air Putih Secara Berkala
Kalau Anda memiliki banyak aktivitas di luar ruangan, terutama pada siang hari yang panas, maka Anda mesti membawa botol berisi air putih dan meminumnya secara berkala.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh kita.

Post a Comment

0 Comments