Cara Memilih Madu Asli

Cara Memilih Madu Asli
Madu. Siapa yang tidak mengenal madu? Dari anak-anak hingga orang dewasa, tentu sudah banyak yang mengetahuinya. Cairan kental dan manis yang berasal dari lebah ini sangat baik untuk kesehatan. Banyak kebaikan atau manfaat yang dapat kita peroleh dari yang namanya madu ini.

Tetapi, saat ini banyak ditemukan atau beredar madu yang tidak asli alias palsu atau madu campuran di pasaran. Hal ini tentu saja dapat merugikan kita sebagai konsumen penikmat madu. Harga yang kita keluarkan tidak sebanding dengan produk madu yang kita terima.

Oleh karena itu, agar kita tidak tertipu sehingga membeli madu yang tidak asli, ada baiknya kita mengenal ciri-ciri dari madu yang asli. Berikut ini adalah beberapa ciri madu asli.

  • Jika madu diletakkan di dalam kulkas, maka kondisi madu tetap kental, aroma dan warnanya tidak berubah.
  • Bila dituang ke dalam gelas berisi air, madu asli akan lebih sulit menyatu dengan air.
  • Bila dipanaskan dengan sendok di atas api lilin, madu asli akan mendidih, berwarna gelap, dan berbuih. Buih tersebut akan menggumpal dan keluar dari sendok. Setelah itu, dapat dites dengan mencelupkan pentul korek api ke dalam madu tadi, diamkan selama 1 jam, kemudian ambil pentul korek tersebut dan nyalakan dengan menggoreskannya pada bagian kertas kasar di wadah korek api tersebut, bila menyala berarti itu adalah madu asli.

Demikian tips tentang mengenali ciri-ciri madu yang asli. Semoga tips ini bisa membantu Sobat untuk membedakan antara madu yang asli dan madu campuran.

Post a Comment

1 Comments

  1. You’re so interesting! I don’t suppose I’ve truly read a single thing like that before. So great to find another person with genuine thoughts on this topic. Seriously.. thank you for starting this up. This site is something that is required on the web, someone with a bit of originality!

    ReplyDelete