Cara Sehat Mengolah Makanan

Cara Sehat Mengolah Makanan
Terdapat beragam cara yang dilakukan orang untuk mengolah suatu masakan. Ada masakan yang digoreng, dikukus, direbus, atau dipanggang. Ternyata, cara mengolah masakan dengan dipanggang memiliki manfaat positif yang lebih banyak bila dibandingkan dengan digoreng.

Memasak dengan cara menggoreng dengan banyak minyak akan menambah kadar lemak dan kolesterol dalam makanan. Sedangkan merebus sayuran dalam jangka waktu yang terlalu lama dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalam sayuran tersebut.

Suatu penelitian kesehatan yang dilakukan di India menyarankan untuk mulai mencoba memanggang makanan yang akan dikonsumsi. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa panas tinggi dari alat panggangan mampu untuk mengunci nutrisi dan kelembapan makanan sehingga menjadikan makanan matang dengan tekstur yang lembut tanpa perlu menambahkan minyak atau mentega ke dalamnya. Hasilnya, kita masih tetap bisa mendapatkan nutrisi dari makanan yang diolah.

Berikut manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari mengolah makanan dengan cara memanggangnya.

Mengurangi Lemak
Salah satu tambahan yang tidak menyehatkan untuk makanan adalah kelebihan lemak. Lemak dapat memicu tidak sedikit masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan kolesterol. Memanggang makanan akan membantu menghilangkan kelebihan lemak sehingga mengurangi jumlah lemak dalam makanan.

Menjaga Nutrisi
Memasak dengan cara dipanggang diketahui bisa menjaga tingkat nutrisi, vitamin, dan mineral yang terdapat pada makanan, baik itu daging maupun sayuran. Pastikan sayuran tidak dipanggang dalam waktu yang lama dan tetap segar supaya nutrisinya terjaga. Sedangkan untuk daging, memasaknya dengan memanggang akan menjaga kadar riboflavin dan thiamine yang terdapat di dalamnya. Keduanya merupakan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh.

Rendam Sodium
Bila kita mempunyai tekanan darah tinggi, maka memasak dengan cara dipanggang bisa membantu untuk mengurangi kadar garam dalam makanan.

Post a Comment

0 Comments